WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Membuat Gulai Kambing Khas Padang yang Enak

Gulai Kambing, resep gulai kambing, gulai kambing paang
Gulai Kambing adalah menu masakan special dari kota Padang yang merupakan salah satu resep lagendaris dan dibuat dari olahan daging, hingga sekarang resep masakan ini masih mampu bertahan dan tak pernah luput oleh zaman. Hidangan ini dibuat dengan cara mencampurkan daging kambing yang telah dipotong-potong kedalam tumisan bumbu dan rempah khas masakan padang lalu kemudian dicampur dengan santan. Santannya yang kental dan khas rupanya menjadi salah satu metode memasak yang mampu menghasilkan rasa yang lezat dan nikmat. Nah bagaimana Cara Membuat Gulai Kambing Khas Padang yang Enak? Berikut ini adalah ulasannya:

Bahan yang Diperlukan:

1. 1/2 kg Daging Kambing.
2. 1 lembar Daun Salam.
3. 3 sdm Minyak Goreng.
4. 1/2 liter Santan Kental.
5. 1 lembar Daun Kunyit.
6. 1 batang Daun Bawang (iris tipis).
7. 1 batang Daun Serai.
8. 50 ml Air Bersih. 

Bumbu yang Dihaluskan:

1. 25 gr Cabe Merah Keriting. 
2. 4 butir Bawang Merah. 
3. 5 siung Bawang Putih.
4. 1 ruas Jahe dan Kunyit.
5. 1 ruas kayu Manis. 
6. 5 butir Kemiri.
7. 1/2 butir Pala.
8. 1/4 sdt Jinten.
9. 1/2 sdt Ketumbar. 
10. Garam Secukupnya.

Bahan Pelengkap Gulai:

1. Bawang Goreng.
2. Kerupuk.

Cara Memasak Gulai Kambing Khas Padang:

  1. Potong daging kambing berbentuk seperti dadu kecil atau bisa juga dipotong cincang sesuai selera anda lalu kemudian cuci sampai bersih. Lalu kemudian rebus daging kambing sampai empuk. Angkat, lalu tiriskan.
  2. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng, lalu tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan serta masukkan serai, daun salam, jahe dan kunyit sampai baunya harum.
  3. Langkah selanjutnya adalah masukkan daging kambing yang telah di potong-potong ke dalam tumisan lalu masak daging hingga berubah warna.
  4. Tambahkan santan, aduk sampai rata dan bumbu tercampur sempurna. Masak hingga daging terasa empuk.
  5. Kemudian masukkan daun bawang yang sudah diiris halus, selanjutnya masak kembali hingga matang dan diamkan sebentar sampai bumbu meresap dengan sempurna. Angkat, lalu tiriskan dan kemudian sajikan.
Catatan: Agar daging kambing terasa lebih empuk bisa direndam dengan perasan air jeruk nipis atau asam jawa selama kurang lebih 15 menit.

0 komentar:

Posting Komentar